idealisme di balik pop mie

Kemaren pas balik dari mesjid abis jumatan, gw satu bis dengan dua orang temen gw. Dua-duanya mahasiswa Indonesia, tapi beda kampus. Lalu salah satunya ngeliat bungkusan plastik yang gw bawa. “Weiss, borong Pop Mie diee..”, ujarnya melirik ke temen yang satunya sambil mengarahkan jempolnya ke gw.

Gw cuma tersenyum, “iye nih, buat di lab kalo malem-malem kelaperan,..”.

“Kok lu sering banget beli pop mie, Guh ?”, tanya kawan yang tadi.

“Ga sering kok, sebulan sekali, itu juga cuma 5 biji”, jawabku.

“Coba yang laen lah,.. mie-mie Taiwan kan banyak juga yang enak-enak. Deket dorm gw tuh ada yang enak..”, komentar kawan tadi lagi.

Gw jawab, “pertama, pop mie praktis menn.. tinggal buka, seduh 3 menit, santaap.. kedua, gw ragu ama mie taiwan, mengingat babi suka dijadiin bumbu kaldu ama orang taiwan.. dan ketiga, ini nih produk Indonesia, menn.. kita kan bukan TKI, jadi cuma dengan cara gini gw bisa bantu ngasih devisa buat Indonesia..”

“Halah, cuma 20NT aja pun..”, jawab kawan tadi.

“Lu bayangin yah, ni pop mie emang cuma 20NT sebiji, tapi kalo dalam sebulan gw beli 10 biji aja.. udah 200NT,.. nah, lu bayangin kalo 115ribu warga negara Indonesia di Taiwan ini beli pop mie 10 biji sebulan.. 23juta NT menn yang masuk ke Indonesia,.. katakanlah misalnya cuma 10% yang masuk ke kas negara dari pajak produsen dan cukai pengiriman barang.. masih 2,3juta NT menn… kalikan ke rupiah, 300 perak.. 630juta rupiah sebulan, menn… kalikan setahun… nah lu bisa itung berapa banyak sekolah dan rumah sakit bisa jadi gratis di Indonesia ???…”, jawab gw santai.

“Ini hal sederhana, tapi kadang bangsa kita terlalu bodoh untuk bisa memikirkan hal-hal sederhana seperti ini.. walo gw di Taiwan, odol gw masih Pepsodent yang diproduksi di Indonesia menn.. bahkan kalo gw masuk angin, gw cuma percaya ama Tolak Angin.. hehe”, tambah gw sambil sedikit bercanda, agar mereka tidak merasa digurui.

“Weiss.. idealis diee..”, ujar kawan satunya.

“Mumpung gw masih muda, menn… idealisme cuma buat orang muda,.. ntar kalo gw dah tua, bakal susah punya idealisme, pasti banyak yang dipikirin, banyak pertimbangan… Jadi, kalo sekarang lu ga punya idealisme, ntar lu tua bakal ngerasa ga pernah muda…………….. Oia, gw duluan yah, dah nyampe kampus gw ni..”, jawab gw sambil kemudian pamit ke mereka karna bis yang kami tumpangi udah nyampe depan kampus gw.

Advertisements

6 thoughts on “idealisme di balik pop mie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s