guh, apa itu cinta ??..

seanmiller.blogs.com

seanmiller.blogs.com

cerita beberapa bulan lalu, tapi baru brani ngpost sekarang.. ada seorang temen, cewe, sebut saja namanya Bunga (kek di koran-koran, bukan namanya sebenarnya.. hehe.. ), eh bentar, kok kayak berita pemerkosaan yak ??, kalo gitu ganti deh namanya,.. Ami,.. 😀 pegawai sebuah institusi penting di Jakarta..  

waktu itu pagi-pagi, sambil ngopi, gw nongkrong depan kompie… seperti biasa gw suka mratiin status YM kawan-kawan yang lagi online,.. nah, tak seperti biasa tuh temen gw masang status “atas nama cinta?” di YM nya,..  jadi kepancing buat gangguin,..

“cuit-cuit,.. atas nama cinta nee.. 😛 “, gw bilang.. eh dia malah ngasih icon, ” 😦 “

gw bales, “???”

selanjutnya terjadi pembicaraan seperti berikut,..

Ami: “guh, apa itu cinta ??”

gw :  ” 😯 kok nanya gt mi ?”

Ami: “iya, apa sih cinta?”

gw: “udah diminum bodrexnya ?  😀  “

Ami: “dohh.. help me to understand that word from male’s perspective..”

gw: “ups,.. nampaknya serius nee.. “

dalam hati gw mikir, ne anak salah alamat nanya gituan ke gw,.. hehe.. tapi ngliat gelagat serius, jd ga enak kalo ga ditanggapin.. gw coba berdiplomasi, sambil cari2 inspirasi buat ngjawab,.. hehe

gw: “hmm.. kalo cowo.. kan dah tau tuh sikapnya lebih dipengaruhi akal, ketimbang perasaan.. nah, jadi tentu saja, karena make akal jadi ketika ditanya urusan perasaan, yah beda2 pendapatnya.. 😀 “

Ami: “apa tuh?”

busyet dah, serius bener ni anak,.. kpaksa gw buka mbah google,.. searching dengan keyword cinta.. karna asli beneran gw ga punya ide buat ngjawab.. kmaren pas pelajaran itu gw tidur dikelas.. 😛 akhirnya, dari salah satu blog gw nemu bagian menarik… 🙂

gw: “kalo gw pribadi ne… tp blon tentu ini general pandangan cowo lho yaa… ketika sudah tak butuh yang laen2… itulah cinta.. 😎   “

gw: “sebentar, gw ke toilet dulu yah, mo muntah ne.. (icon puke) “

eh dia bales icon ngakak

Ami: ” 😆 “

gw: ” 😀 “

Ami: “guh, msh g ngerti..”

waduhh, makin bingung gw..

Ami: “apakah cinta itu suatu getaran di hati??”

Ami: “apakah cinta itu fisik??”

mati dah gw,.. ditanyain gituan lagi… nanya mbah google lagi..

gw: “weleh.. getaran di hati ??.. harusnya bagian setelah itu.. kalo cuma getaran doank mah.. disini badan gw sering begetar, sering gempa soalnya.. 😛 “

eh dia ngakak lagi..

Ami: ” 😆 “

Ami: “klo getaran aja g ada? apa bisa cinta?”

gw: “nah itu yang gw ga ngerti Mi.. kata orang2.. cinta bisa dibuat.. ga ngerti dah gimana caranya… 😀 “

jawaban gw makin nglantur.. biarin dahh.. 😛

Ami: “yg realistisn gmn y?”

Ami: “yg biasany bikin cwo jatuh cinta apa? “

mati gw,.. jawab apa yahh.. googling lagi.. 😀

gw: “hmm.. kalo cowo kayak gw yah.. yang ga alim2 amat, ga bandel2 amat jg.. hal pertama untuk bisa suka ama cewe, pasti yg dilihat fisik (minimal wajah)… jd itu kayak triggernya buat mengenal lebih jauh.. ciyeehhh…”

busett dah gw aja malu ngetiknya,.. biarin dah demi temen,..

Ami: “trus??? “

gw: “abis tu yah cari tau orangnya kayak gimana,.. sikap, cara berpikir, dll.. “

Ami: “klo stlh jauh mlangkah tnyt cinta itu blm jg hadir?? krn sejauh melangkah yg digunakan adlh komitmen”

heh makin bingung gw maksud ni anak.. tp gw jadi penasaran, pengen tau ada apa sebenarnya..

gw: “sejauh melangkah gimana? kok udah masuk komitmen ?”

Ami: “klo di awal kenal yg muncul itu komitmen utk nikah”

Ami: “smua persiapan tlh dilakukan tp komitme itu diuji dgn alasan cinta blm jg hadir, gmn dong?”

gw makin bingung,.. gw coba nebak-nebak, kayanya ne urusan model ta’aruf-ta’arufan gitu dah…

gw: “hmm.. dulu ada temen gw, cewe yang ta’aruf-ta’aruf itu.. trus sering cerita-cerita ke gw,.. ga nanya sih gimana perasaan dia saat itu,.. cuma terakhir dia cerita, “kayaknya bukan yang ini, Guh..” “

gw: “emang Ami lg kayak gitu yaaaahhh ????… cuit-cuit.. 😀 “

Ami: “knp dia memilih mundur? “

gw: “yah ga brani pulak masuk lebih jauh ke zona perasaan dia.. “

Ami: “apakah cinta itu sgalanya klo mo nikah? “

Ami: “apa komitmen aj tdk cukup? “

gw: “lha.. kan orang yang bakal jadi kawan seumur hidup..”

Ami: ” 🙂 “

Ami: “tp kluargany bs nerima itu smua?”

gw: “yah, waktu itu blon sampe ke urusan keluarga lah.. “

Ami: “ya.. lbh simple urusannya”

gw: “lha emangnya Ami gimana ? 😀 “

Ami: “ih apa sih guh.. 😛 “

gw: “hehe… maksudnya yang ga simple itu yang kayak gimana ? “

Ami: “aduhhh teguh lg mancing neh.. “

gw ngakak,.. ketauan gelagat investigasi gw… hehe

gw: ” 😆 “

Ami: “ya g simple itu ktk persiapan nikah sdh dilakukan oleh kluarga besar..”

Ami: “klo cwe nya doang yg kecewa mgkn akan lbh mudah pnyelesaiannya..”

gw bingung lagi dah..

gw: “bingung jg Mi.. 😀 “

Ami: ” jahat 😦 “

gw: “lho kok jahat ??? “

Ami: ” iya jahat, si cinta itu knp g muncul2 “

Ami: “emang dlm kasus ini g ada yg bs disalahkan jg sih “

gw: “Ami sih.. knapa keluarga buru2 dibawa duluan.. 😛 “

Ami: ” 😆 “

Ami: “teguh, ko Ami jd curhat sm kamu sih,.. parah nih.. “

gw: “hehe.. gpp, lanjut aja..”

Ami: “knp lgsg dbw k keluarga, krn emang ktk kenal lgsg minta ktmu ortu..”

gw: “kalo diomongin pelan2 ama ortu gimana ? “

Ami: ” 😥 “

Ami: “gedung dah dipesan.. perias jg dah DP.. kmrn tinggal cetak undangan.. apa salahku??????? “

Ami: “sbnrny msh blm sampe tahap putus sih guh.. jd dia msh pgn mundurin.. krn kbetulan dia pindah kerja dan mnuntut 3bln pertama g boleh nikah dl.. alasan itu msh bs Ami terima.. tp trnyt dia jg blg klo sampe detik ini rasa cinta itu blm jg muncul.. msh datar2 aj.. jahat bgt sih dia.. tega ngomong sm Ami gitu.. klo cwe itu kan lbh mudah utk dibuat jatuh cinta… “

Ami: “tp jdny Ami ragu deh.. skrg msg2 lg pd istikharah lg.. tp kluarga Ami dah mencium gelagat yg tdk baik nih.. mrk takut anak perempuanny dipermainkan..”

gw cuma bisa diem,.. baru ngeh, tebakan gw salah, dan ternyata ini masalah pribadi, dan ceritanya udah separah itu.. jadi ngrasa bersalah, bcandain mulu dari tadi..

gw: “Mi.. maaf ya kalo yg td kebanyakan becandanya.. banyakan cengar cengirnya..”

Ami: ” 😀 gpp.. Ami sendiri kan jg cengar cengir..”

gw: “Ami ga cerita ke orangtua ?..”

Ami: “klo yg kmgknan mundur dah cerita.. klo alasanny bnr2 itu mrk mau mngrti.. tp klo alasan cinta itu jls Ami g brani ngomong lah.. mrk bs marah besar”

gw: “yang tersulit emang urusan keluarga itu sih…”

Ami: “yup.. scara ktk meminang, itu bukan Ami aja yg dipinang, tp seluruh kluarga besar Ami.. sekampung dah pd tau Ami bntr lg mo nikah.. 😥 “

gw: “sabar sabar ya Mi ya,.. “

Ami: “toh diawal dia yg meminta… tadi pagi-pagi Ami telp dia guh, dan dia msh dgn niat baikny utk menikahi Ami.. cm dia msh gamang krnya alasan td cinta blm jg hadir.. tp kan Ami jg didesak kluarga, kpastian ttg hari H.. posisiku suliiitttttttt.. 😥 “

gw speechless lagi,.. bingung mo komen apa, takut salah… 😦

gw: “hmm.. iya Mi.. ngerti Mi.. “

Ami: “jauh di lubuk hati Ami, walopun sbnrny Ami sakit hati, Ami ingin smuany berjalan sprt rencan awal.. walopun Ami jg pastiny dihantui ktakutan, apa Ami yakin suatu saat dia bs mncintai Ami.. “

gw: “sbnarnya td mo nanya itu, Mi.. kalo udah kayak gini.. ke depan2nya apa ga jd canggung… “

gw: “ngerti sih, pasti saat ini Ami lebih mikirin perasaan keluarga.. dibanding sakit hati Ami sendiri.. “

Ami: “iya,.. sbnrny kadang Ami kpikir sudahi aja mumpung blm terlambat.. tp Ami jg g tau langkah tsbt baik ato tdk..”

Ami: “dulu cerita2 ky gini terasa cm sekedar cerita.. skrg mhantui diri sendiri”

nah, pas bagian itu,.. krasa kasian banget..

Ami: “mnurut teguh, Ami sbaikny bsikap sprt apa sm dia? apa biasa2 aja?.. kamis besok dia br bs dpt kpastian ttg dijinkan ato tdk nikah pada masa training”

mati dah gw,.. kaga mungkin gw cari yang beginian lewat mbah google.. coba jawab alakadarnya.. 😛

gw: “hmm.. ga tau ini sebenarnya tepat atau ga Mi.. kalo misalnya Ami bilang gini ke dia bisa ga ?… “kalo Ami udah kecewa saat ini,..tapi jauh diluar itu Ami coba mentingin perasaan keluarga Ami.. untuk segala sesuatunya berjalan sesuai harapan,.. kecuali kalau dia memang tetap punya keputusan laen, Ami minta dia bicara ama keluarga Ami.. seperti halnya yang dia lakukan di awal2 dulu… karna Ami ga sanggup bicara sendiri..”

Ami: ” “kalo Ami udah kecewa saat ini,..tapi jauh diluar itu Ami coba mentingin perasaan keluarga Ami.. untuk segala sesuatunya berjalan sesuai harapan,..”–> itu sdh Ami sampaikan td pagi “

Ami: “persoalan lain yg mbuat rumit adlh, ortu dia emang menginginkan qt pacaran sprt layakny kakaknya ato y lain, g cpt2 nikah.. mkny pas dia ktrima kerja baru, itu jd alasan bwt ortuny nyuruh dia ngundur nikah.. palagi dia jg gamang dg perasaan sendiri.. so complicated for me.. dia minta waktu utk memikirkan smuanya..”

Ami: “Ami blg sampe kpn? tp dia  jwbny sampe dia yakin,.. “

Ami: “kan ngambang tuh,.. “

Ami: “akhirny dia minta Ami yg nentuin batas waktunya.. yahh mojokin Ami lg.. 😦 “

Ami: “pmbicaraan slese ampe disitu td..”

buset dah tuh cowonya tegaan.. pikir gw..

gw: “waduh, kok dia bisa gitu ya ??”

Ami: “apa cowok ky gt msh lyak dprthnkan guh?”

agak kebawa emosi,.. langsung gw jawab,..

gw: “maaph ya Mi ya.. ga seharusnya..”

Ami: “sblmny kan dia dah prnh bbrp kali pacaran.. nah dia membanding2kan gt deh.. ko klo sm Ami dia ga ada perasaan yg dia sebut cinta.. tega bgt sih dia cerita smua itu sm Ami..

gw: “hmm… kalo cuma ngliat Ami ni yah.. kalo dia ga bisa nerima Ami apa adanya(dalam artian ga ngbanding2in Ami dengan yang laen)… yah dia ga layak buat Ami..”

ciyeeeehh.. keluar jg kata-kata cool dari gw,… khekhe,… 😛

Ami: “Ami terlalu byk ngalah ya?”

Ami: “apa hikmah dibalik smua ini ya… pdhl Ami jg g minta dia dtg dlm khidupan Ami, baru kenal pun,…”

Ami: “klo terburuk yg tjd, mdh2n kluarga Ami bs ikhlas ya.. tp Allah juga Maha membolakbalik hati.. segalany msh mgkn terjadi

gw: “dulu guru ngaji bilang gini.. “ketika satu nikmat datang,..lalu nikmat itu diambil kembali.. ada ikhlas di balik itu…” 🙂 “

ciyehh.. dah kayak santri gini bahasa gw cuyy.. 😛

Ami: “iya 🙂 .. dan ktk Allah mngambil nikmat itu, Ami hrs yakin jg ya klo Allah juga siap memberi nikmat lain y jauh lbh baik.. “

gw: ” 🙂 “

ada jeda beberapa menit,.. ga tau, dia lagi nangis atau ngapain,…

Ami: “thanks y guh.. byk ngsh masukan sm Ami.. ga kpikiran da, curhat ama teguh.. hehe “

hehe.. depan kompie, gw cengar cengir sambil garuk-garuk kepala.. tersanjung,.. 😛

gw: ” hehehe… ga bantu2 apa2 lho Mi…”

Ami: “yaudah deh, Ami offline dl ya.. assalamu’alaykum”

gw: “iya.. waalaikumsalam”

huffff…. kasian bener ni anak,.. brengsek bener tuh cowonya,..

makanya gw milih ntar-ntar aja mikirin nikah,.. daripada gw jadi cowo brengsek?? tul gak ?…  (alesan, padahal emang ga laku.. khekhekke… 😛 )

sudah, sudah bcandanya.. gw mohon doanya buat temen gw yakk.. moga segera diberikan jalan keluar yang terbaik, trus lebih sabar dan ikhlas.. 🙂

5 thoughts on “guh, apa itu cinta ??..

  1. Co seperti itu gak banget dah guh..Dia yang minta nikah, dia yang minta mundur dengan alasan cinta belum hadir…Kelaut aja deh en ngomong ama tangan, secara pas minta nikah, apa alasan dia minta si Ami? Bukan cinta kah? Kasihan jg liat si Ami..Jia you..
    Setahu gw kl co gak masalah menikah pas masa training, yang umum itu adalah ce yang gak boleh menikah dalam masa training, karena ditakutkan hamil, tau sendirikan kl hamil biasanya ada morning sickness en friends yang ditakutkan bakalan banyak absen. tapi gak tau jg sih..
    Buat Ami..pikirkan diri sendiri juga jangan hanya keluarga, kita yang akan hidup dengannya setiap hari, setiap jam en setiap detiknya…

    Like

  2. Weu, akhirnya sampai ke blog seniorku 🙂
    Premisnya: pada dasarnya manusia itu individu yang egois,
    yang akan mengutamakan keinginan pribadinya.
    If you love someone… set him free….
    If he comes back, he’s yours.
    If he never comes back… hunt him down and kill him! basta.. hehe
    Percaya pada orang lain adalah hal tersulit yang pernah ada. Bahkan seorang ahli jiwa seperti Sigmund Freud atau sosiolog Alvin Toffler dan Foucault terjebak dalam kegilaan pemikirannya akibat kehilangan kepercayaan. Jika saja kisah Romantisme menjadi sebuah contoh keberadaan kepercayaan yang paling sederhana. Faktanya, bahkan Romantisme terkadang menyesatkan realitas dalam tatanan komunitas, menyesatkan sebab terkadang Romantisme memabukkan dan menjebak situs berpikir manusia dalam heterogenitasnya.Cinta adalah satu bagian dalm kehidupan yang tak perlu didefinisikan. Merasakan sesuatu dengan cinta terkadang lebih berarti dari sekedar sebuah perjuangan entitas dalam menggapai cinta.Kepercayaan, Romantisme dan Cinta, 3 teman akrab yang paling menghiasi derajat humanitas dan membedakan nalar logika manusia dan benda lain yang ada di bumi.

    parasatria.tk :
    weizz… mantab anak muda ! 😀
    baru tau kalo cinta ada teorinya, euy.. 😀
    tapi ujung2nya keknya bener jg kata ERK, “jatuh cinta itu biasa saja”.. hohoho

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s