jenuh..

Jenuh. Sehari-hari duniaku cuma lab dan kamar. Saban hari yang diliat cuma paper-paper, proposal thesis, draft thesis, dan kompie. Eh, liat detik dan portal berita lainnya, isinya basa-basi politik mulu !

Liat-liat youtube, eh, jadi inget sebuah film yang sepertinya lumayan menarik (diliat dari trailernya). Jadi mikir kayaknya boleh juga nih, me”liar”kan pikiran sedikit. Eits, sante dulu, jangan ngeres.. hehe.

Dah pada tau film yang berjudul “cin(T)a” ? Sedikit info yang gw dapet dari milis IA-ITB, film ini merupakan film independen yang diproduksi Sembilan Matahari Film. Pemutaran perdana film ini akan ditayangkan di London, dan beberapa kota di UK. Lho, kenapa ga ditayangin di Indonesia dulu ?? ntar gw jelasin. Nah, karena kebetulan Sembilan Matahari Film diisi oleh mayoritas alumni ITB, mereka coba promosi film ini sembari mencari dukungan dari temen-temen alumni ITB lainnya.

Trus apa maksud lu me”liar”kan pikiran, Guh ?? Nah, ni film temanya mengangkat masalah cinta dan perbedaan suku, agama, dan ras. Ah, itukan biasa, Guh.. hmm, menurut gw sih, termasuk yang ga biasa. Kalau film biasa ni ya, yang jadi tema utama kan masalah cinta, lalu kemudian ada perbedaan-perbedaan yang jadi “sumber konflik” cerita, biasanya gitu kan ??

Tapi di film ini, kalau menurut gw (cuma ngliat trailer ama baca sinopsisnya yah..), justru kebalik, yang jadi tema utama justru perbedaan-perbedaan tersebut, dan kemudian cinta yang jadi “sumber konflik”-nya.

Kalau perbedaan suku atau ras yang diangkat, mungkin ga terlalu masalah. Tapi ketika perbedaan agama dan persepsi tentang Tuhan yang diangkat, ini yang menurut gw bakal mengundang kontroversi, khususnya bila ditayangkan di Indonesia. Sebab, untuk isu sensitif seperti ini, dibutuhkan kearifan dan kedewasaan berpikir untuk mencerna dan menangkap pesan keseluruhan dari film tersebut sebenarnya. Contohnya, ada beberapa dialog yang bernada protes, “Kenapa Allah nyiptain kita beda-beda, kalau Allah cuma ingin disembah dengan satu cara ?..” atau “Tuhan yang kami sebut dengan berbagai nama, yang kami sembah dengan berbagai cara,.. terima kasih atas berkat yang Kau berikan…”

Kalau gw make cara berpikir FPI, mungkin bioskop yang nanyangin ni film bakal gw geruduk habis-habisan, hehe. Sebaliknya, jika gw berpikir terlalu liberal, mungkin bisa jadi gw menolak agama, hehe. Jadi, bener-bener perlu kedewasaan dalam mencernanya, nah ini yang gw maksud dengan me”liar”kan pikiran,..hehe.

Menurut kru filmnya sih, ni film membawa pesan perdamaian ditengah-tengah konflik perbedaan yang terjadi di dunia. Tau’ dah, bener-bener nyampe ga pesannya, lha gw blon nonton.. 😛 Tapi jadi bener-bener pengen nonton.. 😀

Oia, ni trailernya.

Synopsis :

Cin(t)a is a story of a love triangle between Cina, Annisa, and Tuhan (God).

Cina, an 18 year old freshman boy, is ready to conquer the world with his God, Jesus Christ, by his side. He believes that he was chosen to be the governor of Tapanuli, a province which he will form in the future. Cina fights with a strong faith, yet naïve, since it has never been tested by failure.

Annisa, a 24 year old senior whose education was held back because of her career as the brightest star in the Indonesian movie industry. She is so desperate to prove that she is not just another skin-deep beauty whose brain is not as adorable. Her fame and beauty leaves her so lonely that she believes only in the love of her family, a strong Javanese Moslem one.

Tuhan (God), the most unpredictable character. Everybody tries to describe him. Everybody thinks they know him. Every art tries to figure him. But nothing is really like him… or her.

Cina loves both God and Annisa.
Annisa loves both God and Cina.
God loves both Cina and Annisa
But Annisa and Cina cannot love each other
Because they call God by different names.

One thought on “jenuh..

  1. haluuu^^
    salam kenal…

    mari berkawand..disini ada pelangi…

    iyah,,kadang” aku juga jenuh..tapi aku mencoba mencari sesuatu yg baru dan membuatnya menjadi menyenangkan..

    makasihh rekomendasi filmnya..hehehehe^^seru nih..

    mampir iah ke blog saya

    http://pelangiituaku.wordpress.com

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s