matematika dan lulusannya..

tulisan yang sama yg gw post di masukitb.com..

—————————————

ga tau kenapa tiba-tiba pengen nulis ini.. sedikit cerita tentang dunia Matematika ITB dari sudut pandang gw pribadi.. tentu saja didasarkan pada rentang tahun 2001 – 2006,.. mudah-mudahan isinya tak banyak berubah dengan keadaan sekarang, dan bisa sedikit mencerahkan..

kalau gw ditanya kenapa dulu gw milih matematik, terus terang gw ga tau gimana jawabnya… 😀 gw ga punya alasan apapun.. sama sekali.. waktu itu gw baru lulus SMA, dan gw ga mau mengotori otak gw dengan hal yang berat-berat tentang bayangan masa depan.. 😀 gw cuma mikir simple,.. gw suka matematik sejak SD, dan kemudian guru matematik SMA gw juga nyaranin gw untuk milih Matematika ITB,.. jadi, yaudah gw pilih itu.. dan Matematika ITB bener-bener pilihan pertama gw.. 😀

gw ga pernah mikirin karir gw nanti seperti apa dan bagaimana.. dan sama seperti kebanyakan orang, termasuk orangtua gw, satu-satunya karir lulusan matematika yang gw tau saat itu cuma guru atau dosen.. tapi waktu itu gw ga peduli..

gw suka matematik, gw pilih Matematik ITB, titik !

setelah lulus dan mulai kuliah, gw kaget bener-bener.. ternyata matematik jaman SMA jauh banget dengan matematik yang gw temui di perkuliahan.. contoh, di SMA, segala rumus, seperti phytagoras, abc, dll.. kita tinggal pakai.. kita tak peduli itu rumus datangnya dari langit atau dari bulan atau dari mana.. kita tinggal pakai.

tapi di perkuliahan matematika.. rumus-rumus itu semua dihancurkan, mahasiswa dituntut untuk membangun rumus itu kembali.. mahasiswa dituntut untuk membuktikan bagaimana rumus itu hadir.. di sini lah logika kritis seorang mahasiswa matematika dibangun.. jadi jangan heran kalau setiap ujian matakuliah matematika,.. selalu ada pertanyaan-pertanyaan yang dimulai dengan..

“Buktikan bahwa persamaan berikut…” atau.. “Turunkan persamaan berikut..” 😀

sekarang kita bicara tentang matakuliah matematika, menurut gw secara garis besar matakuliahnya di bagi 2 kelompok, pure math dan applied math..

dalam pure math, ada matakuliah seperti kalkulus, kalkulus peubah banyak, geometry, analysis real, fungsi kompleks, aljabar linier, matematika diskrit, dan lain-lain.. sementara yang applied math, ada matakuliah seperti, statistika, pengantar aktuaria, numerical method, fourier analysis, kriptografi, graf, dll.. yang pure math biasanya merupakan matakuliah wajib, jadi hal-hal pokok dalam matematika tetep harus dikuasai oleh seorang mahasiswa matematik.. pada tingkat 3, mahasiswa sudah bisa mulai memilih matakuliah-matakuliah pilihan yang akan di ambil.. matakuliah pilihan ini tentunya diharapkan akan berhubungan dengan bidang Tugas Akhir nantinya..

nah, kalau lulusannya bagaimana ??..

ternyata bayangan gw dulu dan kebanyak orang selama ini salah besar.. faktanya justru terbalik, bisa dibilang sangat sedikit lulusan matematika itb yang berprofesi jadi dosen atau guru..

mayoritas temen-temen gw bekerja di sektor keuangan baik swasta ataupun lembaga milik pemerintah.. mulai dari jasa perbankan, jasa asuransi, jasa pelaporan transaksi keuangan, investasi dan saham, hingga dep keu.. banyak juga yang bekerja di bidang yang berkaitan dengan statistik.. seperti BPS, konsultan statistik, marketing research dan quality control.. dan umumnya mereka diposisikan pada divisi yang berkaitan dengan analisis.. seperti analisis kredit dan resiko untuk perbankan dan jasa investasi.. analisis biaya premi pada perusahaan asuransi.. quality control untuk statistik.. dan sebagainya.. dan jaringan alumni Matematika ITB untuk sektor keuangan dan statistik ini cukup kuat dan solid.. sehingga sangat membantu lulusan-lulusan baru dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan..

sektor lainnya.. ada beberapa yang bekerja di bidang IT dan multimedia.. sebagai programmer, database architect, software engineer, game developer, dan IT consultant.. pada bidang ini logika berpikir yang diperoleh selama di Matematika sangat membantu dalam pekerjaan mereka..

lalu beberapa temen malah masuk ke sektor manufaktur dan pabrik yang sebenarnya justru lebih teknikal.. ilmu numerik yang diperoleh semasa kuliah lah yang membawa mereka ke sektor ini..

lalu gw sendiri ??..

gw bukan contoh yang baik.. waktu kuliah di Matematika ITB, gw kbanyakan main dan tidur.. jadi sebaiknya jangan ditiru.. 😀

sekarang gw cuma TKI.. bekerja sebagai kuli riset aka Research Assistant di salah satu negara tetangga.. 🙂

8 thoughts on “matematika dan lulusannya..

  1. bagus bgt artikelnya…salam kenal,saya kuliah d matematika unsoed..ortu smw’a kepala sekolah,jd keinginan mrk saya hrz jd guru.stelah tw unsoed tu mtk murni,saya slalu dpojokin dg pertanyaan “kerja apa nanti klo dah lu2z?”
    stelah membaca artikel ni,mungkin saya bsa jelasin k ortu klo lu2san mtk bsa kerja d berbagai bidang..
    makasih bwt info2’a..
    (^.^)

    Like

  2. Bagus bgt artikelnya,, dari dulu sy mmg mau ambil FMIPA ITB..
    sy pengen krja di bag keuangan tp sy anak ipa.. akhirnya cita2 saya ada peluang buat trwujud tnp hrus masuk IPS… GBUU

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s