Siapa ?

Tahun 1984, gw terlahir dengan nama lengkap Muhammad Teguh Satria. Emak gw nglahirin gw pada dini hari di akhir triwulan pertama tahun itu di sebuah desa kecil bernama Petumbukan. Desa itu berjarak sekitar 45 km dari kota Medan. Alhamdulillah, gw terlahir di keluarga pas-pasan, kalo bahasa pemerintahnya “sederhana”.. πŸ˜€ Sesuatu yang waktu kecil sering gw sesali (karna ga punya mainan bagus :p), tapi sekarang sangat-sangat gw syukuri karena ‘pas-pasan’ itu yang membentuk gw hingga seperti ini. Paling tidak, sejak kecil gw dah paham, “ga semua yang gw inginkan, bisa gw dapetin”.. πŸ˜€

Tahun 1990, ketika duduk di kelas 2 SD, gw pindah ke Medan dan selanjutnya pendidikan gw diteruskan di Medan. SDN 060907 Medan adalah sekolah SD gw selajutnya yang gw lalui sejak tahun 1990 akhir hingga tahun 1995. Ada hal menarik ketika gw lulus SD. Sekolah gw jadi berkasus di Depdikbud Medan, gara-gara gw dapat nilai sempurna 10,00 untuk mata pelajaran Matematika pada ujian Ebtanas tahun 1995. Yaaa kek agak-agak diragukan gitulah ama pejabat-pejabat itu, karena sekolah gw cuma sekolah kampung. Orang tua gw sempet dipanggil ke sekolah juga buat dimintai pendapat ama Kepala Sekolah. Kata bokap gw, salah satu guru gw, Pak Logut (Parlagutan Lubis), yang paling semangat dan lantang ngbela gw dan sekolah gw di Depdikbud Medan. Beliau lah wali kelas gw, guru Matematika gw, sekaligus guru PMP, Bahasa, IPA dan IPS gw. Jadi wajar kalo beliau merasa tersinggung, ketika nilai gw diragukan, hehe.. Hhhh.. kasus yang jadi sedikit mengurangi kebanggaan gw pada waktu itu, hehe.. memang zaman yang aneh di negeri yang aneh.. πŸ˜›

Tahun 1995, gw masuk SLTPN 1 Medan setelah berharap-harap cemas, karna meskipun nilai matematik nya lumayan, tapi NEM SD gw cuma 43.90, maklum, nilai yang lain hanya pas-pasan.. πŸ˜€ Dan akhirnya, nilai terendah yg keterima di sekolah itu 43.48, jadi bener-bener.. nyarisss saja.. hehe.. Adalah keinginan Bokap gw yang ngbawa gw masuk ke salah satu sekolah elit di kota Medan itu. Beliau juga sempat berdebat dengan Nyokap yang lebih menginginkan gw masuk SLTPN 2 Medan dengan alasan lebih dekat dengan tempat tinggal gw dan tak ingin gw minder karna SLTPN 1 Medan terkenal sebagai sekolah anak-anak orang kaya dan pejabat-pejabat kota Medan. Bukan masalah gengsi yang dikejar bokap gw, dia cuma ingin agar gw dapet pendidikan terbaik. Karena menurutnya, cuma pendidikan yang bisa ngangkat kondisi keluarga gw kelak. Akhirnya Nyokap gw ngalah dengan perjanjian, ntar pas SMU gw masuk SMUN 2 Medan yang juga berlokasi dekat dengan tempat tinggal gw.

Momen lucu masa gw SMP, salah satunya ketika pertama kali gw kenal pelajaran Bahasa Inggris. Maklum, SD gw cuma SD kampung, jadi kaga pernah nyentuh bahasanya orang bule itu, hehe… Jadi hari pertama pelajaran Bahasa Inggris, sang guru bertanya di depan kelas, “hayo, siapa yang pernah belajar/les Bahasa Inggris angkat tangannya…” kalian tau?? ASLI, cuma gw sendiri yang nunduk… 😦 Pulangnya gw langsung minta Emak gw, daptarin ke tempat les Bahasa Inggris terdekat, daerah rumah gw, hehhe…. gw ingat, Emak gw bilang, “yah, sabar aja…”

Mau tau apa yang terjadi selanjutnya ?? Mungkin ini karna doa Emak gw, eheh.. Besoknya, tiba giliran pelajaran Agama Islam di kelas.. trus sang guru bertanya di depan kelas, “ada yang pernah belajar di Madrasah ?? angkat tangannya.. ” πŸ™‚ dann.. hanya dua siswa yang mengangkat tangannya di kelas itu.. yang pertama seorang anak perempuan, dan yang terakhir.. gw… πŸ˜€ πŸ˜€ kalian tentu paham bagaimana rasanya jadi perhatian di kelas untuk anak2 sekecil itu… khekhekhekhee…… (plis, jangan muntah dulu.. :P)

Di lingkungan rumah gw, ada sebuah madrasah kecil, Madrasah Awaliyah Hidayatullah, namanya.. madrasah itu diasuh oleh 3 orang Ummi (guru cewe) untuk 4 jenjang kelas.. tak tau dimulai sejak kapan, tapi sepertinya sudah menjadi bagian dari paket pendidikan untuk anak dalam pandangan para orangtua di lingkungan gw, bahwa ketika seorang anak sudah duduk di kelas 3 SD maka sudah seharusnya ia dimasukkan ke Madrasah… jadi jaman gw SD dulu, kalo pagi belajar di sekolah, siangnya ngaji di Madrasah… lalu ketika si anak lulus SD, maka lulus juga Madrasahnya,.. yang gw ingat, pelajaran yang diberikan itu ada Tajwid, Tarikh, Aqidah Akhlak, Bahasa Arab,.. tapi materinya apa, gw dah lupa semuanya…. πŸ˜€

Momen lucu lain pas gw SMP yang gw ingat…. Oo, suatu hari pas kelas 3 SMP, pas pelajaran Matematika,.. gw jg ga tau kenapa, tiba-tiba ada temen gw, cewe, protes ama guru Matematika gw depan kelas pas sebelum pelajaran dimulai,.. dia nyeletuk, “Pak, jangan Teguh aja yang disuruh maju lah…. ” saat itu gw bingung, apa salah gw ???… tapi kemudian, sang guru sambil tersenyum bilang, “yah, mau gimana lagi, seringnya cuma jawaban si Teguh yang benerr.. kalo ada yang lain, Bapak ga akan nyuruh dia terus…” πŸ˜€ πŸ˜€ mulai hari itu, kalo tuh guru ngasih latihan di kelas, gw ga mau langsung maju ngumpulin jawaban… gw nungguin tu guru nanya dulu,… kalo ga ada juga yang maju ngumpulin jawaban setelah beberapa lama, tuh guru pasti bakal nanya, “Teguh, bisa ??”… hehe

Tahun 1998, seperti perjanjian antara Bokap dan Nyokap gw, gw bakal masuk SMUN 2 Medan. Tapi sayangnya, ketika gw lulus, telah dimulai sistem rayonisasi sekolah-sekolah. Katanya sih sistem itu dijalankan untuk pemerataan kualitas pendidikan di Medan. Akibatnya, gw ga bisa masuk SMUN 2 Medan, karena sekolah itu tidak dalam Rayon SLTPN 1 Medan. Terpaksalah gw masuk SMUN 1 Medan yang terkenal sebagai sekolah negeri terbaik dan sekolah anak-anak orang kaya plus pejabat-pejabat kota Medan. Sekali lagi, Bokap gw menang dari Nyokap gw. Beliau terkekeh-kekeh… hehe..

Tahun 2001, gw lulus SMU. Ketika lulus gw tak berniat melanjutkan ke jenjang universitas. Masalah klasik, gw ga yakin bokap gw punya duit cukup buat ngbiayain kuliah gw. Alternatif lain, beliau lebih memilih gw masuk ke sekolah-sekolah kedinasan, yang tanpa biaya dan setelah lulus langsung penempatan kerja. Tapi, ada seorang guru Matematika gw pas di SMUN 1 Medan, Pak Hardo namanya, Hardo Pamuko, yang memotivasi gw buat terus lanjut kuliah. Kalimat-kalimat sederhana dari beliau yang masih gw ingat ampe sekarang, “Menuntut ilmu itu ibadah,.. jadi menurutmu, apa mungkin Allah SWT menyulitkan hambanya yang hendak beribadah ???..”. Gw cuma terdiam waktu itu. “Pasti ada jalan,.. sana ikut UMPTN, ambil Matematika ITB”, kalimat beliau berikutnya. Sesuai petunjuk beliau, alhamdulillah, gw lulus dan diterima di Institut Teknologi Bandung pada jurusan Matematika. Hari-hari berikutnya di Bandung adalah perjuangan bagi gw… dan keluarga gw di Medan.

Tahun 2006, kuliah gw kelar dengan gelar Sarjana Sains (SSi). Tugas akhir (skripsi) gw di bidang Matematika Komputasi. Ketika lulus, IP gw tak seberapa.. 😦 kayanya waktu itu gw ga terlalu mikirin IP gw, tiap semester yang gw pikirin cuma gimana caranya nglunasin tunggakan SPP.. hehe πŸ˜€ Akibatnya, IP pas-pasan gw bikin gw sulit nyari kerja, apalagi bidang gw bukan bidang siap pakai (teknikal).. Setelah ngluntang-nglantung kesana-kemari hampir stress (alhamdulillah blom sampe gila) nyari-nyari kerjaan yang memang semakin sulit didapat, akhirnya di akhir tahun 2006 gw ikut Pak Edi Soewono (Professor) ngerjain proyek riset beliau. Masuk kampus lagi, belajar-belajar lagi.

Tahun 2007, karena pengalaman jadi asisten riset, gw dapet kesempatan buat studi S2 bidang Computer Science di National Taipei University of Technology, Taiwan, dengan beasiswa penuh sebagai International Student. Akhirnya gw paham kenapa Allah SWT nunda-nunda rezeki pekerjaan buat gw, ternyata ada jalan lain yang dipersiapkan buat gw. Alhamdulillah. πŸ˜€ Catatannya bisa disimak di sini.

Tahun 2009, S2 gw kelar dan bergelar Master of Science (MSc), dengan thesis berjudul “A Study of Parallel Implementation of Tsunami Simulation on GPU“. Kata-kata kunci yang berkaitan dengan riset dan thesis gw adalah parallel computing, high performance computing, scientific computing, cluster computing, GPU computing, shader programming, CUDA programming.

Publikasi dari riset gw yang tak seberapa dan tak sengaja:

  1. A GPU-Based Simulation of Tsunami Propagation and Inundation.
    ICA3PP ’09, vol. 5574 of Lecture Notes in Computer Science, page 593-603. Springer.
  2. A Parallel Simulated Annealing Approach for Floorplanning in VLSI.
    ICA3PP ’09, vol. 5574 of Lecture Notes in Computer Science, page 291-302. Springer.

October 2009, gw mulai kerja di Singapore sebagai system engineer di bidang high performance computing.

Pertengahan tahun 2010, gw mengundurkan diri dari Singapore. Waktu itu ada beberapa tawaran datang ke gw, sekolah di US, sekolah di New Zealand, atau ngerjain riset di kampus Belgia, tapi kemudian.. semuanya G.A.G.A.L.. nyesek banget kan.. yah nasiiib, nasib… πŸ˜€ lalu disusul beberapa rentetan kejadian yang ga enak.. yah gw mikir sepertinya Allah sedang menegur gw.. minta gw buat ngaca lagi, buat nginjak bumi lagi.. πŸ˜€

Tepat di awal Ramadhan di tahun 2010, tiba-tiba saja datang tawaran untuk jadi TKI lagi.. kali ini bekerja sebagai kuli riset aka research assistant di salah satu negara tetangga.. bidangnya computer vision, dan gw bener-bener ga punya pengalaman di bidang ini.. rada takut emang, tapi tiba-tiba gw inget pesan Pak Edi Soewono dulu, beberapa minggu sebelum gw berangkat kuliah ke Taiwan.. “..orang matematik tu harus berani masuk ke bidang apapun, biar wawasan matematiknya berkembang..” yah maklum saja beliau berpesan begitu, sebab beliau dosen Matematika Terapan, Β bertahun-tahun bekerja dengan orang-orang dari berbagai disiplin ilmu..

Akhir tahun 2010, setelah urusan administrasi beres.. dimulailah petualangan gw sebagai TKI.. jilid dua.. πŸ˜€

Pertengahan Agustus 2011, seorang researcher dari salah satu kampus di Amerika ngontak gw.. kebetulan beliau perlu orang buat ngerjain riset beliau yang berkaitan dengan CUDA.. wow.. jelas saja gw tertarik.. πŸ˜€ lewat serangkaian interview via skype dan remote test/exam selama sebulan, akhirnya beliau setuju buat ngrekrut gw.. πŸ˜€

Akhir Oktober 2011, petualangan sebagai kuli riset di Amerika dimulai… bismillah.. πŸ™‚

November 2012, setelah setahun jadi kuli di US, saatnya kembali ke Singapore. πŸ˜€ Kali ini bergabung dengan perusahaan riset yang masih berafiliasi dengan salah satu kampus di US. Mau tau perusahaan apa ?? ah, itu tak penting. Yang paling penting adalah gw ngga lagi sendiri, ada istri yang menemani, hehehhee… πŸ˜€

—————————————————————————————————————————————-

Hal di atas cuma poin-poin yang agak sedikit menyenangkan dari hidup gw. Poin-poin yg hadir setelah tertatih-tatih, pontang-panting, dan babak-belur dihajar waktu dan pengalaman..

Blog ini gw maksudkan sebagai sarana gw berbagi tentang apa saja yang gw lihat, dengar, baca, temui, hadapi, pelajari, atasi, dan lalui dalam hidup gw. Sekedar catatan-catatan sederhana, yang mudah-mudahan bisa bikin gw selalu bersyukur atas apa yang gw peroleh. Syukur alhamdulillah bila ternyata jg bisa berguna buat orang lain.. πŸ˜€

m.teguhsatria.com

26 thoughts on “Siapa ?

  1. iseng-iseng surfing nemu blognya kak Teguh

    Selamat Lebaran 1429 H. mohon maaf lahir dan bathin

    saya akan lebih sering berkunjung πŸ™‚

    -andra

    Like

  2. wah..seru ya pengalamanmu…

    Ya…kehidupan memang kadang menyenangkan,mengembirakan,membawa tawa,tapi juga kadang angin kesedihan kadang menghampiri,gelombang luka seakan-akan tak mau kalah…kadang juga kabut kehidupan menghalang membuat kita ngak tahu harus melangkah atau tetap menunggu kabut berlalu…tapi kadang juga bisa seperti laut tenang-tenang…k

    Apapun ada hikmah didalamnya…ibarat sebuah komputer…dilihat sekilas tak ada apa-apa,setelah kita buka,apapun ada disana,asal kita brani dan mau dengan segala kosekwensi dibelakangnya,itulah kehidupan,setiap saat kita mesti belajar membuka ,belajar mengerti dan memahami.baru bisa kita sadari misteri-misteri didunia ini.

    Kuharap kesuksesan selalu menyertaimu! πŸ˜€

    parasatria.tk : wah, makasih mbak πŸ˜€

    Like

  3. salam kenal mas…saya tahu blog ma teguh dari searching di google tentang parallel programming di Linux….nah muncul dah link ini….
    saya ingin membuat skripsi apapun yang berhubungan dengan linux….masih sangat2 sedikit yg skripsi pake linux.
    saya masih newbie & tertarik dengan parallel programming….yahh..walaupun blum ngerti…
    klo boleh minta saran dari mas teguh, apa yg harus dipersiapkan…mohon bantuannya…^_^
    makasih yahh mas teguhh ^_^
    maaf klo menggangu.

    parasatria.tk :

    salam kenal jg, syams.. πŸ™‚ nanti saya sowan ke blog kamu

    Like

  4. he3 suka gaya ngocol ceplas ceplos apa adanya….

    gak sengaja lg nyari artikel eh masuk deh ke blok km…

    sukses selalu salam silahturahmi dari nenek

    Like

  5. saat membaca pengalaman hiudup mu q merasa terharu, dan terkesan pengalam yang penuh liku2….

    barang k_x bsa menjad! pedoman buat karir Q.

    By: Winda Aristya

    Like

  6. makasih teguh masih ingat ama bpk walaupun cuma guru sd mu dulu, mdh2n ilmu yang cuma sedikit yang teguh dapat dari bapak semoga bermamfaat dalam kehidupan n kesuksesan karir mu nak dan kita semua mdh2n dalam keadaan sehat walafiat

    Like

  7. eh, ada Pak Logut,.. πŸ˜€
    iya Pak.. harusnya saya yang bilang makasih.. ibarat gedung, yang bapak ajarin dulu seperti pondasi yang kokoh.. karna setinggi apapun gedung itu, kalo pondasinya tak kuat bakal rubuh juga.. πŸ˜€

    Like

  8. wah terharu baca pengalaman hidupnya kak πŸ˜€
    kebetulan sdg nyari tugas sbh” buat tgs pararel processing .
    eh malah ngebaca yg lain πŸ™‚
    hihihiihih

    anak medan juga berkualitas ^^.
    sukses lae πŸ™‚
    semangat πŸ˜€

    Like

  9. wah keren pak.. anak matematika pula.. jadi inspirasi πŸ˜€
    lagi cari-cari tentang GPU programming ketemunya ke sini

    kebetulan lagi kul lagi, tapi ga di taiwan, di itebe hehe
    mohon bimbingannya πŸ˜€

    Like

    • halo nanda.. πŸ™‚
      urm, kalo sulit nggaknya, relatif ya.. tergantung gimana masing-masing ngbawainnya.. πŸ˜€ tp yang jelas gini, jurusan apapun di itb, ga ada jurusan yang santai.. jadi kalo ketemu anak2 itb dari jurusan apapun, pasti obrolan/keluhan/curhatannya sama.. ga jauh2 dari tema kuliah.. πŸ˜€ nah karna itu, istilah yang paling saya denger pas kuliah dulu itu.. kata-kata, “manajemen waktu”… nah sebenarnya ini yang bikin sulit, termasuk saya sendiri.. πŸ˜€

      kalau materi kuliahnya sendiri… sepertinya ga terlalu masalah, kalau pinter nyari sumber2 buat belajarnya.. karna fasilitas buat itu udah cukup lengkap kok.. apalagi sekarang zaman dah canggih… referensi materi kuliah bisa dipelajari lewat internet…

      overall, kuliah di itb itu… asikk lah pokoknya… πŸ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s